image1 image2 image3

Hai I'm Samad Dadrana|Selamat Datang di Blog Saya|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL WEB DEVELOPER

bahaya sianida dalam singkonng

Singkong mengandung racun linamirin dan lotaustralin, yang termasuk golongan glikosida sianogenik. linamirin terdapat pada semua bagian tanaman, terutama terakumulasi pada akar dan daun.

Singkong dibedakan atas dua tipe, yaitu pahit dan manis. singkong tipe pahit mengandung kadar racun yang lebih tinggi daripada tipe manis.

Signkong mentah atau yang dimasak kurang sempurna dikonsumsi, maka racun tersebut akan berubah menjadi senyawa kimia yang dinamakan hidrogen sianida, yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan .

Singkong manis mengandung sianida kurang dari 50 mg per kilogram, sedangkan singkong pahit mengandung sianida lebih dari 50 mg per kilogram. meskipun sejumlah kecil sianida masih dapat ditoleransi oleh tubuh, jumlah sianida yang masuk ke tubuh tidak boleh melebihi 1 g per kilogram berat badan per hari.

Gejala keracunan sianida seperti yang terdapat pada singkong di antaranya adalah penyempitan kerongkongan, mual, muntah, sakit kepala, bahkan pada kasus berat bisa mengakibatkan kematian.

Untuk mencegah keracunan singkong, sebelum dikonsumsi sebaiknya (terutama singkong pahit) dicuci untuk menghilangkan tanah yang menempel .

kulitnya dikupas, dipotong-potong, direndam dalam air bersih yang hangat selama beberapa hari, dicuci lalu dimasak  sempurna, baik itu di bakar atau direbus. namun untuk singkong tipe manis sebenarnya hanya memerlukan pengupasan dan pemasakan untuk mengurangi kadar sianida ke tingkat nontoksik.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Poskan Komentar